JOGJA INTERNATIONAL BATIK BIENNALE "Jogja Membatik Dunia"

SALAM CANTING !


Sabtu,6 November 2021 diselenggarakan secara virtual live (hybrid system) acara puncak JOGJA INTERNATIONAL BATIK BIENNALE "Jogja Membatik Dunia" bersama 25 Negara dan berpusat di Bale Kambang & Pendopo Agung, Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta


DIikuti oleh Dekranasda Provinsi, Kabupaten, Kota di DIY dan perwakilan KBRI 25 Negara


Dekranasda Kabupaten Bantul menyelenggarakan acara di Gazebo Giriloyo Wukirsari Imogiri yang di hadiri oleh Bpk Bupati Bantul H.Abdul Halim Muslim, Ketua Dekranasda Kab Bantul Hj. Emi Masruroh,S.Pd, Sekda Kab Bantul,Asisten 2 Setda Kab Bantul ,beberapa kepala OPD ( Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian,Diskominfo,Dispar, ) dan Jajaran forkompinda serta Panewu dan pembatik dari 3 kapanewon (Imogiri, Jetis dan Pandak) yang merupakan sentra batik kain.


Adanya pandemi Covid 19 ini menyebabkan keterpurukan dalam kehidupan manusia maka dalam upaya menciptakan momentum positif yang bertumpu pada kearifan budaya, sebagai masyarakat Jawa menorehkan simbol Ceplok Mangkoro yang merupakan wujud harapan dan doa dengan makna menolak bala atau musibah.


Predikat Kota Batik Dunia sudah disandang Yogyakarta, menginisiasi untuk mewujudkan doa dan ritual budaya melalui aktivitas membatik motif Caplok Mangkoro.


Terimakasih Kami ucapkan kepada seluruh pihak terkait untuk kelancaran di Kabupaten Bantul ini 🙏